Penyebab Bayi Sering Cegukan dan Cara Mengobatinya

Tak hanya pada orang dewasa, cegukan juga bisa terjadi pada anak-anak bahkan bayi. Tahukah Anda, apa sebenarnya cegukan itu? Cegukan adalah suatu bentuk kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma yang biasanya menimbulkan suara “hik”. Hal itu akan terjadi selama beberapa menit bahkan beberapa jam. Tak hanya menimbulkan suara seperti orang tercekik, cegukan juga menimbulkan sebuah tekanan di beberapa bagian tubuh, seperti dada, tenggorokan, dan perut. Lalu, apa yang menyebabkan bayi sering cegukan dan bagaimana cara mengobatinya? Mari kita bahas.

 

Penyebab Cegukan Pada Bayi

Bila bayi sering cegukan, itu bisa saja terjadi karena beberapa faktor. Berikut diantaranya:

 

 

  1. Makan terlalu banyak

Bayi sehat akan berusaha untuk menelan berbagai macam makanan yang diberikan padanya. Tetapi, para ibu juga harus berhati-hati. Ibu harus selalu mengawasi asupan makanan dan minuman yang diberikan ke buah hatinya. Hindarkan si kecil dari “kebanyakan makan” agar tidak mengalami cegukan.

 

  1. Makan terlalu cepat

Tak hanya makan makanan yang terlalu banyak, cara makan yang terlalu cepat juga menjadi salah satu penyebab terjadinya cegukan. Pastikan para ibu untuk selalu mengawasi ketika anaknya sedang makan agar ia tak merasa terburu-buru.

 

  1. Asam lambung

Cegukan yang terjadi saat makan juga bisa dipengaruhi oleh asam lambung. Ketika makanan yang sedang dicerna tiba-tiba naik ke saluran pencernaan bersamaan dengan naiknya asam lambung, diafragma berkontraksi sehingga dapat menyebabkan cegukan.

 

  1. Menelan udara terlalu banyak

Bayi sering cegukan juga bisa disebabkan oleh menelan udara yang terlalu banyak. Ini bisa terjadi bersamaan ketika makan atau minum.

 

  1. Suhu turun

Penurunan suhu yang tiba-tiba juga bisa menjadi penyebab bayi sering cegukan. Walaupun tidak diketahui secara pasti bagaimana penurunan suhu bisa mempengaruhi terjadinya cegukan, hal itu bisa saja terjadi karena tubuh bayi yang masih rentan mungkin merasa kaget dengan penurunan suhu yang tiba-tiba.

Selain 5 hal di atas, penyebab terjadinya cegukan juga bisa karena obat-obatan yang dikonsumsi.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Untuk meredakan atau mengatasi cegukan pada bayi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Berikan bayi dot

Memberikan dot pada bayi tidak hanya membuat bayi merasa tenang sehingga tidak rewel. Namun, cegukan pada bayi akan berkurang dan kemudian berhenti.

  1. Pemberian ASI dengan posisi yang benar

Cara mengatasi cegukan pada bayi juga bisa dengan cara memberikan ASI kepada si kecil dengan posisi yang benar. Akan tetapi, jangan paksakan untuk terus menyusui, karena bayi justru bisa tersedak ASI.

  1. Memberikan pelukan atau tepukan pelan

Dengan memberi pelukan atau tepukan yang lembut dan pelan pada punggung si kecil, hal ini menandakan bahwa sang ibu sudah mengatasi cegukan pada si kecil secara perlahan.

  1. Memindahkan bayi ke tempat hangat

Memindahkan bayi ke tempat yang lebih hangat juga bisa mengatasi cegukan pada bayi. Carilah tempat hangat seperti di bawah sinar mentari pagi agar sang buah hati juga mendapatkan manfaat dari sinar matahari pagi.

Itulah beberapa penyebab bayi sering cegukan dan juga cara mengatasinya. Apabila cegukan pada bayi tidak kunjung berhenti, orang tua bisa langsung membawanya ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut. Tetap pastikan untuk menjaga kesehatan sang buah hati, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *