6 Daftar Makanan Terbaik yang Bisa Anda Jadikan Sebagai ASI Booster

Sebagai seorang ibu menyusui, Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan mengalir di pikiran Anda. Anda mengkhawatirkan kesehatan dan pertumbuhan si kecil, dan ingin melakukan yang terbaik. Salah satu pertanyaan paling penting yang dimiliki ibu menyusui adalah apa yang harus dimakan selama bulan-bulan menyusui yang akan memastikan pasokan susu yang baik, yang pastinya bisa menjadi ASI booster Anda.

Fase menyusui merupakan saat-saat ketika seorang ibu sangat membutuhkan perhatian yang banyak yang mana berkaitan dengan makanan dan kesehatannya. Apa pun yang Anda makan selama periode ini sangat penting untuk pemulihan pasca melahirkan Anda. Hal ini pastinya mampu mempengaruhi produksi ASi Anda.

Bagaimana Cara Meningkatkan Produksi ASI yang Berlimpah?

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pasokan susu adalah dengan terus menyusui si kecil Anda. Membuat susu dari bayi Anda lebih baik daripada metode lain untuk membuat susu di tubuh Anda. Pemberian stimulasi saraf selama proses menyusui nyatanya mampu membantu Anda untuk meningkatkan produksi ASI yang berlimpah.

Pengosongan susu menandakan tubuh Anda untuk meningkatkan produksi susu. Jika Anda merasa persediaan susu Anda masih perlu ditingkatkan, maka Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkan makanan yang meningkatkan produksi susu. Makanan perangsang susu disebut galactagogues atau yang lebih dikenal sebagai ASI booster.

Makanan Untuk Meningkatkan Produksi ASI

Ada makanan tertentu yang meningkatkan ASI dan meningkatkan laktasi yang bisa Anda jadikan sebagai ASI booster. ASI mengandung semua nutrisi utama yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi yang baru lahir secara keseluruhan.

Berikut beberapa daftar makanan yang bisa meningkatkan produksi ASI Anda, diantaranya adalah sebagai beirkut:

  1. Oatmeal

Oat mudah disiapkan sebagai makanan. Oatmeal ini dianggap mengendalikan terjadinya diabetes selama pasca kehamilan. Oatmeal sarat dengan energy, ini mengandung serat dan baik untuk pencernaan Anda.

Nikmati semangkuk oat untuk sarapan. Jika pikiran mengkonsumsi oatmeal tidak akan membuat Anda berselera, Anda dapat mencoba memiliki oat cookies.

  1. Biji Adas

Biji adas meningkatkan jumlah ASI Anda. Makanan ini mampu menjada pencernaan dan membantu mengendalikan kolik bayi. Biji adas dapat ditambahkan bersama dengan bumbu ke isian sayur. Tambahkan ke teh Anda atau rebus beberapa biji dengan susu dan minum.

  1. Air dan Jus

Air minum dan jus seharusnya meningkatkan laktasi. Ini meningkatkan total volume susu per pakan. Ini mencegah Anda dari dehidrasi dan menggantikan cairan yang hilang selama menyusui. Minumlah segelas air saat Anda haus atau bahkan sebelum Anda mulai menyusui bayi Anda.

  1. Pepaya mentah

Pepaya mentah adalah bagian dari masakan Asia Selatan. Pepaya telah digunakan sebagai obat penenang alami, yang dapat membantu Anda untuk rileks dan memberi makan bayi lebih baik. Cobalah sebagai salad Asia Selatan atau aduk dengan mie datar.

  1. Daun Bayam Dan Bit

Sayur bayam dan juga bit memiliki kandungan zat besi yang berlimpah, yang mana sangat bermanfaat untuk ibu menyusui. Selain itu, kedua jenis makanan ini juga tinggi akan kandungan kalsium dan asam folat. Ini penting untuk memulihkan ibu yang mengalami anemia. Ini akan membantu membuat bayi Anda kuat.

Daun bayam dan bit mengandung zat detoksifikasi. Bayam mengandung bahan kimia tanaman tertentu yang dapat membantu mencegah kanker payudara.

Masukkan daun ini ke dalam sup tengah hari. Campurkan dengan adonan dan buat paratha (roti pipih India) atau chapatti untuk makan. Ingatlah untuk makan bayam dalam jumlah sedang karena terlalu banyak dapat menyebabkan diare pada bayi Anda.

  1. Bawang Putih

Bawang putih dianggap sebagai makanan terbaik untuk meningkatkan ASI, karena dikenal untuk meningkatkan laktasi pada ibu menyusui. Ini memiliki senyawa kimia yang membantu menyusui. Konsumsi bawang putih mencegah semua jenis kanker. Aduk dalam beberapa siung bawang putih tumis dalam sup Anda. Tambahkan dalam sayuran pilihan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *